Setiap wanita yang telah berusia 40+ tahun wajib mempersiapkan diri memasuki masa menopause. Tubuh akan mengalami penurunan fungsi, perubahan kondisi fisik dan mental yang kadang mengganggu aktifitas sehari-hari.

Untuk itu, pada hari Rabu 11 Maret 2020, PerCa Indonesia Jakarta bekerja sama dengan Rumah Sakit MMC Kuningan, menggelar Talkshow berjudul ‘’Life Begins at 40+, Cantik dan Sehat Lahir Batin Memasuki Masa Menopause’’. Bertempat di Function Room The H Tower, Jl. Rasuna Said Kav 20, Kuningan, Jakarta Selatan.

Peserta yang hadir antusias mengikuti rangkaian acara dari awal sampai selesai, selain informasi terkait menopause, banyak juga informasi kesehatan lainnya yang didapatkan.

Acara dibuka dengan sambutan dari Ketua PerCa Indonesia, Ibu Juliani Luthan. Kemudian dilanjutkan dengan paparan yang disampaikan langsung oleh para Narasumber yakni:
1. Ibu dr. Kencana Shinta, SpOG
2. Ibu dr. Puti Sarah, SPJP
3. Coach Hassan Mulyadi Mohamed

Materi disampaikan dengan jelas dalam diskusi santai sehingga peserta dapat menyerap informasi dengan tepat. Paparan pertama dijelaskan oleh Ibu dr. Kencana Shinta, SpOG. Beliau menjelaskan secara detail apa itu menopause, kapan biasanya wanita mengalami menopause, apa bisa tetap hamil di masa tersebut dan gejala-gejala yang dialami ketika memasuki menopause, serta bagaimana cara melindungi badan kita supaya tetap sehat di usia menopause.

Sesi kedua dilanjutkan dengan materi yang disampaikan oleh Coach Adi, beliau membuat gerakan-gerakan olahraga simple sebelum memulai penjelasan, ini membuat mood peserta bertambah semangat untuk mendengarkan informasi bermanfaat dari narasumber lainnya. Coach Adi memberikan pemaparan terkait cara menjaga kesehatan memasuki usia menopause, salah satunya adalah menjaga bentuk badan agar terlihat tetap cantik dan sehat.

Coach Adi juga menyediakan booth untuk mengecek Body Composition Analysis bagi setiap peserta yang hadir (ini guna mengetahui nilai masa otot, lemak tubuh, kadar air, lemak viseral, BMR, dan masa tulang. Beliau juga menulis buku HOT 40s (Menjaga Kesehatan Untuk Usia Sekitar 40 Tahun), yang tentu sangat bermanfaat bagi peserta yang ssangat membutuhkan informasi terkait hal tersebut.

Sesi terakhir, informasi tak kalah penting lainnya disampaikan oleh Ibu dr. Puti Sarah, SPJJ. Beliau menjelaskan mengenai Menopause dan Penyakit Jantung. Memulai pemaparan dengan menjelaskan hormon yang dimiliki oleh wanita dibandingkan Pria, Level hormon Estrogen yang dimiliki wanita berdasarkan usia, gejala penyakit jantung pada wanita yang sedang menopause, cara pencegahan, dll.

Terima kasih kepada Rumah Sakit MMC Jakarta, seluruh narasumber dan anggota serta pengurus Perca yang sudah hadir dalam acara ini. Semoga kesehatan selalu bersama kita.

Bravo PerCa Indonesia!!!