Sekedar berbagi info, bagi yang berencana menikah atau mungkin memiliki kenalan yang akan menikah secara Islam, dan membutuhkan keterangan mengenai proses memeluk agama Islam bagi calon pengantin pria, ini adalah persyaratannya (mengacu pada tata cara di Masjid Agung Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta):

1. Mengambil formulir dan membuat janji/appointment selambatnya satu minggu sebelum pelaksanaan.
2. Menyiapkan pasfoto berwarna 3×4 (2lembar) dan 4×6 (2lembar) serta fotokopi paspor. Bagi pria, foto diharuskan menggunakan baju berwarna putih dan peci.
3. Mengisi formulir dan membubuhkan meterai Rp 6000.
4. Menyediakan dan menghadirkan seorang saksi (jika pria, maka saksinya juga pria muslim).
5. Hadir pada hari yang ditentukan dengan membawa semua berkas di atas. Berpakaian muslim. Bagi pria: celana non-jeans, baju koko atau kemeja putih dan peci.
6. Mengikuti sesi pendalaman dan pembinaan lebih dahulu (kira-kira sekitar 4-6 jam) yang sebaiknya didampingi karena akan dilakukan dalam bahasa Indonesia (bercampur dengan bahasa Inggris yang terbatas) sehingga bisa dibantu terjemahannya oleh sang pendamping.
7. Setelah selesai pembinaan, proses peng-Islaman akan dilakukan, dengan mengucap dua kalimat syahadat, dilanjutkan dengan menandatangani sertifikat yang dikeluarkan oleh pihak Mesjid.

Catatan:
a. Jika tidak ada saksi yang bisa hadir, harap memberitahu sehingga akan didisediakan oleh pihak Mesjid.
b. Dalam beberapa kasus, proses peng-Islaman bisa dilakukan terlebih dahulu, misalnya setelah sholat Jumat di Masjid, yang kemudian disusul dengan sesi pembinaan pada hari Sabtu keesokan harinya.
c. Maaf, apabila sudah dikhitan, akan sangat membantu jika membawa surat keterangan dari dokter.
d. Tidak ada biaya apapun, namun jika berkenan silakan memberi sumbangan seikhlasnya bagi kas Masjid.
Demikian, semoga bermanfaat. Selamat berakhir pekan!