Profil Pengurus Jakarta

MELVA NABABAN

KETUA DEWAN PENGAWAS

Bu Melva adalah sapaan akrab sosok wanita yang tegas, namun sabar serta bijaksana ini. Sarjana lulusan serta lulusan dari Fakultas Sastra Inggris, Universitas Indonesia ini mengawali karirnya di TVRI sebagai newscaster dan dosen UKI. Selanjutnya Melva mendapat kesempatan bertugas di Washington DC. sebagai reporter dan broadcaster radio bagi Voice of America. Dalam tugas di VOA, ia bertemu dengan Hal Sullivan, yang berprofesi sebagai ahli hukum disana. Hingga kini keduanya telah menikah selama lebih dari 25 tahun dan dikaruniai satu orang putra dan seorang putri yang kini beranjak dewasa.

Terjun menggeluti isu perkawinan campuran bagi Melva Nababan adalah suatu keniscayaan. Secara aktif Melva mengikuti berbagai lingkaran komunitas perkawinan campuran, baik isu yang berkembang di dunia maya serta yang dihadapi dalam keseharian. Melva adalah salah satu pendiri perkumpulan Masyarakat Perkawinan Campuran Indonesia, dimana ia bertugas sebagai anggota Dewan Pengawas pada periode 2008-2010 Dewan Pengawas pada periode 2008-2010. 

Selanjutnya wanita penggemar aksesoris ini dipercaya sebagai Ketua Dewan Pengawas, yang diembannya hingga RUA tahun 2012. Melva tercatat aktif dalam Tim Advokasi Perkawinan Campuran, yang mengawal pembahasan UU Keimigrasian di DPR tahun 2010-2011. Melva selanjutnya terpilih menjadi Ketua PerCa Indonesia periode 2012-2014. Secara profesional ia bertugas sebagai pimpinan PT Osana International, perusahaan konsultan yang fokus pada implementasi bantuan luar negeri dalam program pembangunan di Indonesia. Melva dikenal sebagai pribadi yang akrab dan terbuka untuk diskusi, berbagi ide dan kerjasama baik dalam internal PerCa Indonesia, maupun dalam hubungannya dengan organisasi lain