Profil Pengurus Jakarta

JULIANI W. LUTHAN

Ketua Umum

Lahir dan besar di Jakarta, Juliani menamatkan sekolahnya di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik,  Jurusan Hubungan Internasional, Universitas Indonesia. Aktif dalam kegiatan kampus dalam perkumpulan mahasiswa, menjadi asisten dosen pada beberapa mata kuliah jurusannya dan menjadi asisten peneliti pada beberapa proyek Jurusan HI dan Kementerian Luar Negeri RI, Juliani kemudian meninggalkan kampus dan terjun di dunia profesional sebagai seorang analis bidang Government Relations pada perusahaan humas nasional Indonesia.

Wanita yang menikah dengan seorang Warga Negara Jepang dan memiliki satu orang anak laki-laki ini kemudian mengembangkan perusahaan konsultan komunikasi bersama beberapa rekan. Periode itu diisi Juliani dengan sibuk mengerjakan konten untuk mengkomunikasikan Indonesia dalam berbagai  pameran Indonesia di mancanegara. Disamping itu, ia juga berkiprah pada komunikasi pembangunan pertanian, kehutanan dan perkebunan di daerah tingkat I, serta upaya pembangunan perlindungan konsumen.

Sejak tahun 2006, saat isu hak perkawinan campuran mulai muncul dalam reformasi hukum Indonesia, Juliani terpanggil menjadi penggiat organisasi dan langsung aktif dalam pembahasan Undang-Undang Kewarganegaran No. 12/2006, hingga disahkannya. Turut membidani lahirnya PerCa Indonesia, Juliani adalah salah satu motor dalam kepengurusan organisasi ini, dan menjadi koordinator dalam berbagai gelar acara sosialisasi, lobbying dan  komunikasi internal maupun eksternal. Tahun 2010-2011, Juliani dan rekan pengurus PerCa Indonesia terlibat aktif dalam pembahasan hingga disahkannya undang-undang Keimigrasian No. 6/2011. Kini aktif mengelola perusahaan sendiri, wanita penggemar buku, film serta travelling ini menjabat sebagai ketua PerCa Indonesia, periode 2008-2012 dan 2012-sekarang