Di penghujung tahun 2019, pada hari Senin, tanggal 09 Desember 2019 pukul 14.00 – 17.00 WIB, Perca Batam kembali menggelar acara gathering untuk masyarakat perkawinan campuran (Perca) dengan tema “ Perjanjian Perkawinan (Prenuptial/Postnuptial)”.

Tema ini sengaja dibahas karena minimnya pengetahuan pelaku kawin campur tentang tema tersebut yang memang sangat berkaitan dengan kepemilikan harta baik berupa property dan lain-lainnya. Kegiatan yang diadakan dirumah ibu Rini Griffin (Koordinator Perca Batam) diikuti oleh kurang lebih 40 orang peserta. Walau acara dikemas dengan suasana kekeluargaan & terkesan santai tetapi peserta sangat fokus ketika acara berlangsung. Dimulai dengan kata sambutan dari tuan rumah, sampai ketika nara sumber memberikan penjelasan mengenai Perjanjian Perkawinan tsb. Dan untuk kali ini Perca Batam mengundang nara sumber yaitu ibu Dwi Ponny Sulistiyan, SH, M.Kn (Notaris).

Beberapa catatan penting dari penjelasan yang diberikan nara sumber adalah bahwa Perjanjian Perkawinan tersebut bisa dibuat sebelum pernikahan, setelah pernikahan selama pernikahan tersebut masih berlangsung. Adapapun beberapa alasan kenapa perjanjian Perkawinan dibuat diantaranya yaitu :

• Menjamin keamanan & kepentingan usaha
• Menjamin berlangsungnya harta peninggalan keluarga
• Melindungi kepentingan seorang istri dalam hal jika suami melakukan poligami
• Menjaga hubungan kemitraan dalam political marriage
• Menjamin kondisi Finalsial anada setelah perkawinan putus atau berakhir
• Menghindari motivasi perkwainan yang tidak sehat

Selama sesi tanya jawab kebanyakan peserta menanyakan tentang status kepemilikan property bahkan ada juga yang menanyakan apakah Perjanjian Perkawinan tersebut berdampak juga terhadap harta pribadi jika terjadi hal buruk pada perusahaan yang dimiliki. Pertanyaan tak henti-hentinya diajukan karena peserta sangat tertarik mengetahui lebih banyak tentang perjanjian perkawinan tersebut.

Nara sumber menjelaskan dengan lengkap & tentunya penuh kesabaran ketika menjawab pertanyaan yang bertubi-tubi. Peserta yang hadir mendapatkan informasi penting & akurat yang memang sangat dibutuhkan bahkan beberpa peserta langsung membuat janji temu dengan nara sumber dikantornya dikeesokan harinya. . Peserta sangat puas atas informasi yang diberikan oleh nara sumber yang memang sangat kompeten dibidangnya.

Terima kasih kepada nara sumber dan semua member atau non member yang ikut berpartisipasi diacara ini. Semoga Perca semakin maju dan selalu konsisten menghadirkan kegiatan bermanfaat kedepannya.

Salam PerCa!!!