PerCa Indonesia sukses menggelar acara Diksusi Interaktif Aturan Imigrasi yang terbukti dengan banyaknya peserta yang mendaftar ditengah kuota yang terbatas. Dikarenakan hal tersebut, PerCa Indonesia akhirnya menyelenggarakan kembali diskusi serupa dalam sesi kedua yang dilaksanakan pada hari Selasa, 30 Juni 2020, Pukul 14.00 – 16.00 WIB, masih melalui aplikasi Zoom.

Dalam sesi kali ini, ada 91 Peserta yang tergabung dalam diskusi. Seperti sebelumnya, member yang hadir sudah siap dengan pertanyaan masing-masing yang disampaikan melalui fitur chat di aplikasi.

Pada Pukul 14.00 WIB, acara dibuka langsung oleh Ibu Juliani Luthan, selaku Ketua Perca Indonesia sekaligus host acara. Beliau menyampaikan ucapan terima kasih kepada member yang bergabung dalam acara, juga kepada Narasumber yang bersedia hadir untuk memberikan informasi seputar aturan imigrasi disaat pandemi. Kemudian, acara dilanjutkan oleh Moderator, yakni Ibu Analia Trisna, yang juga merupakan Wakil Ketua PerCa Indonesia. Tidak lama kemudian, Narasumber acara yakni, Bapak Agung Wibowo dan Bapak Tri Hernanda Reza, menjelaskan beberapa kebijakan dan aturan keimigrasian selama pandemi yang di share melalui materi presentasi.

Selanjutnya Moderator mempersilahkan setiap perwakilan untuk menyampaikan pertanyaan masing-masing yang diwakilkan oleh 1 orang, dimulai dari Batam, kemudian Bali, Jawa Tengah, Surabaya, Balikpapan, Lombok, terakhir adalah membahas pertanyaan yang muncul di chat room. Beberapa pertanyaan mulai kapan bisa apply kitas ditengah situasi pandemi, bagaimana nasib TKA yang kitasnya Expired tapi belum dibuka layanan perpanjangan kitas, serta pertanyaan lainnya muncul dari peserta yang hadir. Bapak Narasumber menjelaskan satu persatu jawaban dari pertanyaan yang muncul, dan bahkan ada beberapa masukan dari peserta yang kemudian menjadi catatan Narasumber yang harapannya, akan menghasilkan kebijakan baru yang dapat membantu kesulitan pelaku kawin campur dalam mengurus keimigrasian dalam situasi pandemi di Indonesia.

Akhirnya acara ditutup dengan sukses. PerCa Indonesia berbangga, meskipun dalam keadaan covid. PerCa masih tetap produktif menghasilkan acara-acara informatif bagi member PerCa Indonesia.
Terimakasih kepada Narasumber, Member yang hadir, serta seluruh Pengurus PerCa Indonesia yang terlibat.

Bravo PerCa Indonesia!!!