Acara di Semarang telah berlangsung pada hari Jumat, 20 April 2018, dan diadakan di Joglo Hills yang bernuansa Jawa (yang pemiliknya adalah anggota PerCa Jateng). Dihadiri 35 peserta yang semuanya antusias mengikuti acara dari mulai sampai selesai sekitar jam 14.00 lewat. Acara ini dihadiri oleh cukup banyak notaris dari wilayah Semarang dan Salatiga, yang ingin tahu seperti apa pelaksanaan perjanjian perkawinan terkait dengan status kepemilikan tanah yang akan diwariskan. Banyak ragam pertanyaan yang diajukan oleh para ibu2 pelaku kawin campur yang latar belakangnya selain ibu rumah tangga juga banyak dari kalangan pengusaha terutama pengusaha meubel/furnitur dan dan barang-barang ekspor.

Diskusi membahas penerima warisan, pembagiannya dalam Hukum Islam dan Hukum Perdata di Indonesia, bagaimana posisi orang asing dalam waris di Indonesia serta dampak Perjanjian Kawin dalam pembagian warisan. Narasumber menjelaskan tentang PP No. 103/2015 tentang Kepemilikan Properti bagi WNA, sebagai salah satu peraturan terbaru yang mengatur kepemilikan asing di Indonesia . Tanya Jawab juga mengulas tentang Ijin Tinggal dan Ijin Kerja bagi WNA Pelaku PerCa, maupun anak-anaknya yang dewasa.

Selain acara event Diskusi dan Konsultasi, sehari sebelumnya Ibu Ketua Juliani W. Luthan bersama Dewan Pengawas, Ibu Rulita Anggraini juga bertemu dengan teman2 pantia di Jateng untuk rapat khusus menjelaskan mengenai SOP di tubuh organisasi PerCa Indonesia. Di acara event Talk Show kemarin, bu Ani menyampaikan kabar gembira pengukuhan teman2 panitia Jateng yang sekarang secara resmi telah menjadi Perwakilan PerCa Indonesia di Jawa Tengah. Koordinator PerCa Jateng adalah ibu Iva Nielsen, yang dibantu oleh mbak Christine Arief, mbak Agustienna Siswanto, mbak Retno Dare, dan mbak Sylvia.

Terima kasih dan apresisasi sebesar2nya kepada Tim Jateng yang sangat perhatian, penuh antusias, sangat guyub dengan semangat saling berbagi informasi dan pengetahuan yang tinggi, serta bersama-sama menyiapkan acara dari sejak jauh2 hari sampai acara selesai dengan sangat baik dan rapi.

Bravo PerCa Jateng untuk acara perdananya yang sukses dan berkesan. Semoga ke depannya PerCa Jateng akan terus aktif berkumpul dan berinisiatif utk membuat berbagai kegiatan yang akan bermanfaat utk semua keluarga PerCa di Jawa Tengah!