Rulita adalah ibu dari tiga anak yang sehari-hari juga bekerja sebagai konsultan kehumasan dan komunikasi di Jakarta. Bersuamikan seorang pria dari Amerika Serikat, Rulita telah aktif berkiprah dalam organisasi kawin campur sejak 2006. Sebagai salah satu pemrakarsa berdirinya PerCa Indonesia, Rulita yang menjabat sebagai Ketua Umum periode 2008-2012 kini dipercaya untuk mengemban tugas sebagai Ketua Dewan Pengawas.

Rulita mulai serius dan aktif berorganisasi sejak kuliah di Fakultas Sastra Inggris Universitas Indonesia, dimana ia menimba pengalaman menggelar berbagai kegiatan kampus mulai dari bidang budaya hingga olahraga. Selain kuliah di UI, Rulita juga mengenyam pendidikan di University of Hawaii, Honolulu, dan di Alliance Française, Paris.

Lahir di Jakarta dari orang tua berdarah Jawa Timur asli, Rulita yang memiliki segudang hobi pernah terpilih menjadi satu dari 10 Wanita Eksekutif Pilihan Majalah Dewi di tahun 2004.  Di PerCa Indonesia, Rulita aktif mempromosikan dan mempublikasikan kegiatan perkumpulan melalui media massa sebagai bagian dari keahlian profesinya di dunia public relations. Cita-cita Rulita yang ingin ia capai melalui kiprahnya di PerCa Indonesia adalah lahirnya UU yang sepenuhnya memihak, mengakui dan melindungi hak-hak sipil WNI dalam keluarga perkawinan campuran.